Mengenal PS3

Setelah beberapa waktu yang lalu saya mengulas PSP (yang sudah saya jual diganti PS3) , maka kali ini saya akan mencoba mengulas sekilas tentang PS3. Playstation 3, atau lebih dikenal dengan PS3 merupakan konsol gaming keluaran SONY sebagai penerus PS2.

Pasti sebagian besar dari kita tentu sudah pernah memainkan game di PS1 dan PS2 bukan. Nah PS3 sering disebut dengan konsol generasi Next Gen, dimana tampilan grafis dari game game PS3 kualitasnya jauh lebih meningkat dibandingkan PS2, apalagi kalau disandingkan dengan TV LCD/LED hasilnya pasti lebih mantap.

PS3 sendiri dirilis pada akhir November 2006 di Jepang dan Amerika Utara dan menyusul beberapa waktu kemudian ke negara lainnya. Untuk konsol gaming yang berumur sudah lebih 5 tahun, PS3 masih bisa memenuhi keinginan para gamer untuk memainkan game-game kesayangannya.

Seperti PSP , PS3 pun hadir dalam beberapa versi dalam proses produksinya. Generasi pertama PS3 sering dikenal dengan PS3 Fat, karena penampilannya yang cenderung lebih bongsor dan lebih berat dibandingkan adiknya, si PS3 Slim. Generasi pertama ini sudah tidak diproduksi lagi, dan kalaupun ada yang masih menjualnya, kemungkinan itu PS3 Fat yang sudah direfurbish alias yang bekas. Selain itu PS3 Fat ini lebih rentan terkena YLOD (Yellow Light Of Death), dimana mesin PS3 ini akan over heating sehingga akan hang/error. PS3 Fat keluar dalam beberapa pilihan, 20 GB, 40 GB, 60 GB dan 80 GB.

Generasi yang kedua adalah PS3 Slim, yang tampilannya jauh lebih compact dan lebih kecil. Nah tipe ini yang masih diproduksi dan kebanyakan dijual di toko-toko.Jadi kalau mau membeli PS3 saya sarankan untuk membeli tipe yang Slim ini, dengan beberapa pilihan kapasitas HD sebesar 160 GB dan 320 GB. Biasanya dalam paket penjualan akan mendapatkan konsol, kabel AV dan satu buah stik wireless controller Dualshock/Six Axis.

Selain perangkat gaming, kita juga bisa memutar musik, video dan bahkan online ke dunia maya asal terkoneksi dengan jaringan internet. PS3 juga bisa dipakai untuk memutar film dalam format BluRay Disc dan juga format DVD tentunya. Mau lebih asyik juga bisa ditambah seperangkat alat PS Move, yang bisa membuat interaksi kita dalam bermain game lebih hidup.

Di atas adalah gambar PS3 Fat (kiri) dan PS3 Slim (kanan)

Beberapa game yang wajib dipunyai jika kita membeli PS3 : God of War III, Gran Turismo dan Uncaharted Series 1, 2 dan 3. Game-game ini merupakan game eksklusif untuk PS3 yang artinya tidak bisa dijumpai di konsol game lainnya.

Sayangnya memang harga game original untuk game PS3 relatif mahal untuk satu BD Game yang berkisar antar 300-600 ribu, tergantung judul gamenya. Tapi dengan modifikasi firmwire PS3 dari OFW (original Firm Wire) ke CFW (Custom Firm Wire), maka game-game tersebut bisa dijalankan via external HD tanpa harus repot membeli game originalnya yang relatif mahal.

Tapi tentu saja ada harga yang harus dibayar kalau kita beralih ke CFW, dimana kita tidak bisa main game secara online, tidak bisa download fitur-fitur gratis dari PSN Store. Sementara OFW menawarkan fitur PS3 online secara maximal, kita bisa bertemu gamer dari negara lain dan main bersama, bisa mendownload DLC untuk game-game kita dan seabreg keuntungan lainnya. Tapi memang kita harus berkorban untuk membeli game originalnya yang di mata rakyat Indonesia masih relatif mahal. Hal ini membuat harga PS3 yang ber-CFW lebih mahal dari harga PS3 ber-OFW, karena PS3 yang bisa dibuat CFW sudah semakin langka.

So pilihan di tangan anda….happy gaming

About these ads
By tristomo Posted in PS3 Tagged

2 comments on “Mengenal PS3

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s